Senin, 21 Oktober 2013

Book Review Semangat Tanpa Batas


Judul Buku      : Semangat Tanpa Batas
Penulis             : Imam Robandi
Penerbit           : Tangan Emas, Kebumen
Cetakan           : Pertama, Juli 2013
Tebal               : iii-241

Hal yang tak terbatas dalam diri setiap manusia adalah keinginan. Jika seseorang sudah berhasil mencapai sesuatu, maka pasti ada hal lain yang ingin mereka capai kembali. Sejauh usaha dalam mencapai keinginan demi keinginan itu dilakukan dengan benar, maka tidak ada yang perlu dipersoalkan.
Namun yang menjadi problem adalah, tidak terbatasnya keinginan itu seringkali tidak diimbangi dengan sebuah strategi dan motivasi yang harusnya juga tidak terbatas. Bagaimana mungkin dapat mencapai keinginan yang tiada terbatas itu jika motivasi dan semangat kita justru kita batasi sendiri. 
Islam yang kita anut adalah agama yang sangat sarat dengan nilai-nilai motivasi tanpa batas. Di dalam Al-Qur’an sendiri, banyak sekali ditemukan ayat-ayat yang berisi dorongan (motivasi) kepada manusia untuk senantiasa bergerak, melakukan usaha-usaha yang bermanfaat dan bernilai kebaikan.
Dengan demikian, maka substansi dari kebermaknaan hidup ini tiada lain apabila kita mau berbuat sesuatu, tidak pasif, melainkan aktif. Peradaban demi peradaban yang telah berhasil diraih oleh umat manusia selama ini, disebabkan karena adanya keinginan dari mereka untuk berbuat, melakukan perubahan demi sebuah kemajuan.   
Mustahil sebuah perubahan dapat terjadi apabila tidak ada kemauan untuk bertindak. Namun sebuah tindakan juga tidak akan menjamin lahirnya perubahan apa-apa apabila tidak didasari oleh etos, motivasi dan semangat yang tinggi di dalamnya. Karena itu, etos atau semangat yang tinggi (himmatan ‘aaliyatan) ini merupakan landasan utama yang akan menentukan berhasil-tidaknya suatu perbuatan itu sendiri.
Ada benarnya apa yang dikatakan oleh Profesor Waka Ryoji, “Jika kamu kekurangan uang, itu sedikit problem. Kalau tidak mempunyai uang, masih ada bank, tetapi kalau tidak mempunyai semangat maka tidak ada bank atau departemen store yang dapat menimbun semangat. Semangat hanya ada dalam dirimu. Kamu sendiri yang harus memelihara.”
Dalam terminologi agama, semangat sangatlah erat berkaitan dengan ketaqwaan. Sementara ketaqwaan itu sendiri adalah unlimited sifatnya. Ketaqwaan menjadikan orang-orang yang beriman dapat berikhtiar semaksimal mungkin untuk menggapai nilai tertinggi dalam kehidupan mereka (hlm.207).  
Perbuatan yang dilakukan tanpa didasari semangat yang tinggi hanya akan mengundang resiko berupa kegagalan yang sangat menyakitkan. Sebaliknya, kegagalan yang terjadi setelah kita berusaha keras masih bisa memberikan nilai lebih berupa pengalaman yang tak terbatas, dimana dengan pengalaman inilah kita masih bisa kembali memulai langkah.
Mungkin ada benarnya menjadi “Kijang yang Harus Terus Berlari” pada saat harimau masih sedang tertidur (115). Artinya, kita tidak perlu menunggu waktu yang tepat untuk memulai semangat baru dalam berjuang dan berusaha menggapai sukses. Sebab pada dasarnya semua waktu menyimpan peluang kesuksesan sejauh kita mau berusaha dengan penuh semangat dan kesungguhan (129).
Buku berjudul Semangat Tanpa Batas yang ditulis oleh Imam Robandi ini berisi ulasan menarik tentang pentingnya setiap orang memiliki semangat tanpa batas dalam berusaha dan memperjuangkan sesuatu. Sebagai Wakil Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Imam Robandi banyak merekam peristiwa keberhasilan yang telah dicapai oleh kader-kader Muhammadiyah di seluruh penjuru tanah air.


1 komentar: