Minggu, 23 Februari 2014

Berjuang Itu Indah

Sebenarnya kondisi tubuh kurang fit benar. Batuk dan dingin. Tapi tidak ada salahnya mengesampingkan kondisi seperti ini demi mereka, anak-anak panti asuhan yang memang butuh pendampingan. Maka biarpun hujan, akhirnya tetap juga berangkat untuk ikut rapat program baru di Panti Asuhan Al-Amanah, Jatinegara Sempor Kebumen.

Sepanjang perjalanan saya membatin, "Apakah yang saya lakukan ini benar?" Secara logika dan ilmu kesehatan, kondisi tubuh yang kurang fit, batuk dan sedikit demam memang tidak boleh hujan-hujanan karena dapat membuat kondisi kesehatan makin memburuk. Namun adakalanya juga logika maupun ilmu tidak mutlak kebenarannya.

Barangkali keyakinan dan doa juga penting dilakukan. Ya, setelah membantin seperti itu, dalam hati saya berdoa semoga kondisi kesehatan saya tidak makin memburuk dengan menghadiri rapat yang bagi saya penting banget diikuti. Di samping itu, inilah barangkali waktu yang tepat bagi saya untuk belajar mewujudkan kata-kata yang sudah lama saya hapal, "mendahulukkan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri."

Menjaga kesehatan itu penting bagi saya. Tapi menjaga keberlangsungan pendidikan untuk anak-anak panti asuhan juga tak kalah pentingnya. Jadi tidak apa-apa saya pilih melakukan hal yang kedua sambil memperhatikan juga hal yang pertama. Semoga perjuangan yang sederhana ini benar-benar berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar